Kerja Sama Akademik

Kerja Sama di bidang akademik meliputi pendidikan dan penelitian, sedangkan bidang non-akademik adalah kerja sama di bidang pelayanan dan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan selama yang dilaksanakan oleh Subdirektorat Kerja Sama Akademik berkisar pada upaya peningkatan jumlah kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan berbagai mitra akademik baik di dalam maupun luar negeri.

A.1. Kerja Sama Akademik Dalam Negeri

Pengembangan kerja sama akademik dalam negeri diupayakan melalui beberapa cara:

  • Kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia,
  • Kerja sama dengan lembaga/institusi non pendidikan.

Kerja Sama dengan perguruan tinggi lain umumnya berbentuk transfer knowledge baik melalui pendidikan/pelatihan, maupun pendampingan atau pengampuan. Sedangkan kerja sama dengan lembaga non pendidikan umumnya melalui tugas belajar (pegawai yang belajar di UI), pemberian beasiswa, magang/praktik kerja lapangan.  Kerja Sama akademik dalam negeri lainnya yang juga dijalin UI dengan berbagai mitra di dalam negeri misalnya melalui skema pertukaran mahasiswa, magang, KKN tematik di daerah, riset dan pembimbingan bersama, studi lanjut, pengembangan kurikulum, dosen tamu, dsb.

Dalam mewujudkan visi UI sebagai Guru Bangsa, DKS mengunjungi beberapa PTN untuk membuka kerja sama lebih luas. Kunjungan ke beberapa universitas dan pemerintah daerah cukup atraktif bagi mitra kerja sama karena belum pernah ada inisiatif kunjungan tersebut dari UI sebelumnya. Banyak kerja sama yang disepakati di dalam kunjungan ini, karena para pemangku kepentingan universitas mitra hadir langsung dan aktif berdialog mengenai peluang kerja sama yang akan dikembangkan bersama. Beberapa fakultas yang turut serta dalam delegasi kunjungan juga merasakan manfaat yang besar dalam kegiatan tersebut karena dapat langsung mengimplementasikan kerja sama akademik yang saling menguntungkan dengan mitranya.

A.2.  Kerja Sama Akademik Internasional

Sesuai dengan Tupoksi yang diamanatkan dalam SK Rektor UI No. kepada DKS sebagai koordinator kerja sama internasional, DKS berupaya keras agar kerja sama ini mengalami peningkatan.Sebagai upaya kolektif dari berbagai pihak baik di lingkungan PAU (DKS, Kantor Urusan Internasional, dan Direktorat/Kantor lainnya) maupun dari Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi, berbagai upaya ini membuahkan hasil yang positif.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty