Tentang Kami

Direktorat Kerja Sama merupakan Unsur Pelaksana Administrasi yang mendukung pelaksanaan kegiatan Universitas Indonesia dan merupakan unit baru yang dibentuk berdasarkan Keputusan Rektor No. 3875/SK/R/UI/2014 tanggal 31 Desember 2015 tentang Perbaikan Struktur Inti Organisasi Universitas Indonesia dan diperbaharui kembali melalui Keputusan Rektor No. 2540/SK/R/UI/2016 tentang Struktur Inti Organisasi Universitas Indonesia 2016-2019. Direktorat ini dibentuk di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor Bidang SDM, Pengembangan dan Kerja Sama.

Sebagaimana dijelaskan di dalam RPJP UI, pada 2035 UI bertekad secara konsisten melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang akan membawa nama Indonesia terpandang dan menjadi universitas unggulan di Asia. Sesuai dengan visinya, Ul menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mengangkat martabat dan kekayaan budaya bangsa, serta menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global. Ul tampil sebagai agen perubahan (agent of changes) untuk membangun peradaban dan telah membuktikan dirinya sebagai salah satu kebanggaan bangsa Indonesia, yang dapat diukur melalui prestasi yang telah diraih oleh para dosen, mahasiswa dan alumni, dengan berbagai capaian dan karya serta kerja yang telah didedikasikan untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Direktorat Kerja Sama menggarisbawahi bahwa amanah untuk meraih prestasi dan capaian kerja dan karya tersebut tidak dapat dicapai kecuali dengan meningkatkan secara signifikan peran UI di berbagai bidang melalui berbagai kebijakan dan implementasi kerja sama, baik kerja sama akademik maupun non-akademik.

Di dalam pelaksanaan tugasnya, DKS mengacu pada SK Rektor mengenai Tupoksi No. 0275/SK/R/UI/2015 mengenai Kedudukan, Struktur, Wewenang, Tugas Pokok, dan Fungsi Badan/Direktorat/Kantor/Unit Pelaksana Teknis serta Uraian Tugas Pejabat di Pusat Administrasi Universitas Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum 2014-2019. Secara umum Tugas Pokok DKS adalah: melaksanakan dan mengoordinasikan penyiapan, pengelolaan dan pengembangan kerja sama di lingkungan Universitas Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sedangkan fungsi organik DKS adalah:

  1. Penanggungjawab penyusunan peraturan/ketentuan, perjanjian program/kegiatan kerja sama dalam negeri dan internasional dengan berkoordinasi dengan unit lain;
  2. Penanggungjawab pengembangan sistem informasi kerja sama Universitas Indonesia;
  3. Penyedia data statistikal terkait kerja sama Universitas Indonesia kepada pimpinan manakala diperlukan;
  4. Koordinator kerja sama Universitas Indonesia baik di tingkat universitas, fakultas/program, dan unit lain dengan mitra di dalam dan luar negeri; dan
  5. Pengelola data dan sistem informasi kerja sama Universitas Indonesia.

Untuk melaksanakan berbagai aktifitasnya, secara struktural DKS diberi kewenangan sebagai:

  1. Penentu kebijakan pengembangan kerja sama universitas dengan mempertimbangkan produk-produk hukum yang berlaku di Universitas Indonesia;
  2. Penanggungjawab penyusunan dan sosialisasi petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis di bidang kerja sama;
  3. Koordinator intemasionalisasi Universitas Indonesia;
  4. Pelaksana kegiatan monitoring dan evaluasi efektifitas kerja sama Universitas Indonesia; dan
  5. Membawahi dan melakukan evaluasi kinerja Wisma Makara, (PT Daya Makara, PT Makara Mas dan unit ventura di lingkungan universitas).

Direktorat Kerja Sama sebagai salah satu fasilitator pelaksana kegiatan universitas mempunyai sasaran strategis dengan indikator kinerja utama adalah membantu meningkatkan persentase penerimaan non BP yang bersumber dari kegiatan serta menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, domestik dan internasional, sehingga terjadi sinergi kekuatan-kekuatan yang dimiliki dalam menjawab permasalahan bangsa dan tantangan riset di tingkat global. Sedangkan untuk program, sasaran dan indikator kinerja kegiatan Direktorat Kerja Sama sesuai RENSTRA UI tahun 2015-201.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty